Emma Poeradiredja, Tokoh Sumpah Pemuda Penyaksi Tiga Zaman

Emma Poeradiredja diantara keluarga besarnya di Bandung. P erempuan adalah darah dan nyawa sebuah peradaban bukanlah hal yang berlebihan. Adalah Emma Poeradiredja sosok wanoja asal Tanah Pasundan yang turut menjadi pelaku dan saksi berdirinya republik Indonesia dalam tiga babakan zaman ; revolusi, rezim Sukarno, hingga Suharto. Lahir dan besar dalam keluarga priyayi tidak serta merta menjadikannya sosok manja dan menerima segala keistimewaan kelas menengah feodal di zamannya. Sebagai salah editor Balai Pustaka dan Redaktur Kepala untuk bahasa Sunda pada Pustaka Rakyat, sang ayah Raden Kardata Poeradiredja dengan istri  Nyi Raden Siti Djariah  membesarkan Emma beserta saudaranya dalam lingkungan yang memprioritaskan pendidikan. Tak heran saudara Emma seperti Haley Koesna Poerairedja menyabet Community Leader dari The Ramon Magsaysay Award tahun 1962. Adil Poeradiredja saudara lainnya menjadi politikus dan Perdana Menteri Negara Pasundan pro-republiken. Sedari remaja Emma sudah akt

Pearl Jam Stick Man


Pearl Jam photo by News Revolt TV.
Pada awalnya, visualisasi kadangkala hanya menjadi wilayah sekunder yang biasanya dikesampingkan para musisi skena musik lokal. Berbeda dengan era tersebut, kini,  pada perkembangan termutakhirnya, ranah elemen visual mendapat porsi yang signifikan dan perhatian serius. Geliat perkembangan positif tersebut dapat dibaca melalui diskusi dan bengkelkerja beserta panduan edukasi teknis secara langsung yang mulai menjalar di komunitas musik lokal tanah air. 

Dari komunitas musik lokal pun akhirnya lahir seniman yang tumbuh kembang dengan posisi ganda sebagai seniman visual dan musisi sekaligus. Dengan peranan tersebut para pengapresiasi karya dapat menikmati tiga keuntungan sekaligus, pertama menikmati kualitas pesan auditif yang terekam, kedua dapat mendalami serta mempelajari makna syair yang biasanya ada dalam catatan sebuah rilisan album musisi tersebut, ketiga dalam menyerap sensasi goresan visual yang dihasilkan langsung dari satu sumber yang sama.  

Stick Man logo at Chemical Intercourse


Komentar